azoospermia-oligospermia-dan-teratozoospermia-gangguan-kesehatan-sperma-maniPernahkah Anda bertanya-tanya tentang masalah kesehatan seksual pada sperma/mani, jika Anda menyadari banyak sekali bahasa ilmiah yang membahas tentang kesehatan dan kesuburan pria pada spermanya, misalnya Azoospermia, Oligospermia, teratozpermia, Asthenozoospermia dan masih banyak lainnya.

Lantas apakah antara Azoospermia, Oligospermia, teratozpermia, Asthenozoospermia itu sama artinya ataukah berbeda? Mari kita ulas bersama…

Pertama Azoospermia

Azoospermia adalah kelainan sperma yang berupa di dalam cairan semen tidak ada atau nyaris tidak ditemukan adanya sel sperma sama sekali. Akibat ada sumbatan pada saluran sperma atau testis tidak mampu (gagal) menghasilkan sel-sel sperma.

Faktor Penyebab Penyakit Azoospermia

Ada beberapa faktor penyebab penyakit azoospermia atau bisa di sebut sperma kosong diantaranya adalah sebagai berkut :

• Gaya hidup tidak sehat
• Suhu testis selalu panas
• Terlalu banyak duduk
• Kanker testis
• Cidera yang menyebabkan rusaknya sistem jaringan pengelola sperma
• Kurang istirahat
• Kurang olahraga
• Radiasi
• Obesitas
• Radang testis
• Terlalu banyak mengkonsumsi alkohol dan merokok
• Stress

pada intinya jika anda ingin mempunyai kualitas sperma yang bagus maka dari sekarang tinggalkanlah kebiasaan buruk anda dan mulailah gaya hidup sehat dari sekarang. Karena faktor penyebab sperma tidak subur ini disebabkan oleh kesalahan dan keteledoran diri sendiri.

Gejala Penyakit Azoospermia

Berikut adalah beberapa gejala yang biasanya di alami oleh penderita penyakit azoospermia adalah sebagai berikut :

• Sperma tidak bergerak
• Sperma encer
• Sperma tidak lengket
• Sperma tidak hidup
• Jumlah sperma sedikit
• Sperma berwarna bening
• Susah mempunyai keturunan

Kedua Oligozoospermia

Oligozoospermia adalah masalah kesuburan pria didefinisikan sebagai konsentrasi sperma rendah kurang dari 15 juta per mL atau kurang dari 39 juta per ejakulasi. Konsentrasi sperma rendah atau “jumlah sperma sedikit (oligospermia)” adalah jumlah sperma dalam ejakulasi presc (biasanya mililiter atau mL)

Penyebab Oligospermia

Infertilitas pada pria sangat umum saat ini. Umumnya disebabkan karena bertambahnya usia dan menurunnya kualitas hidup. Pilihan gaya hidup seperti obat-obatan, alkohol atau merokok, naik sepeda berat atau berolahraga berlebihan, dan obat-obatan terus-menerus(karena penyakit), semua dapat mempengaruhi kualitas dan kuantitas air mani dan sperma pria. Risiko lain yang dapat menyebabkan oligospermia meliputi:

• Pubertas dini
• Paparan zat beracun atau radiasi dalam bentuk apapun
• Hernia
• Testis tidak turun

Penyebab lain yang mungkin bertanggung jawab terhadap kesuburan pria antara lain:

• Meskipun kesehatan hormonal yang baik, kadang-kadang usia dapat mempengaruhi tingkat kesuburan.
• Cacat genetik atau kromosom yang abnormal.
• Trauma pada testis.
• Penyakit seperti malaria atau gondongan.
• Hipogonadisme.
• Hambatan ejakulasi.
• Obstruksi atau penghapusan vas deferens.
• Infeksi seperti prostatitis.

Ketiga Teratozoospermia

Teratozoospermia adalah kondisi dimana ditemukan banyak kelainan pada morfologi sperma abnormal atau banyak bentuk sperma yang tidak sempurna. Teratozoospermia bisa disembuhkan dengan terapi roborantia.

Penyebab Morfologi Sperma Abnormal (TERATOZOOSPERMIA)?

Penyebab abnormalnya morfologi sperma belum diketahui secara pasti. Beberapa kondisi yang dapat mempengaruhi morfologi sperma meliputi:

• Penyakit, seperti celiac, Hodgkin, atau Crohn
• Penyebab motilitas sperma rendah juga dapat mempengaruhi morfologi sperma, seperti pembengkakan testis (varikokel), faktor lingkungan, dan gaya hidup

• Paparan bahan kimia
• Hipertermia (yaitu, testis terlalu panas)

Gejala TERATOZOOSPERMIA

Ketika air mani divisualisasikan di bawah mikroskop, sperma harus memiliki kepala bulat telur dan ekor panjang tunggal. Sperma abnormal menyimpang dari bentuk morfologi standar ini. Istilah medis untuk sperma dengan morfologi abnormal adalah teratozoospermia.

Asthenozoospermia

Asthenozoospermia adalah salah satu penyebab utama kemandulan pria yang disebabkan karena pergerakan sperma lambat atau tidak gesit (sperma progresif kurang dari 32%)

otilitas sperma adalah kemampuan sperma dalam bergerak dengan tepat menuju sel telur. Sperma yang tidak bergerak dengan baik tidak akan mampu mencapai telur dalam proses fertilisasi. Dalam sampel normal, sperma yang lebih besar dari 40% motilitasnya memiliki kecepatan sperma rata-rata akan menjadi 20 pM / detik.

Gejala Asthenozoospermia

Satu-satunya gejala yang jelas dari motilitas sperma rendah adalah kesulitan “menghamili” pasangan, meskipun waktu yang tepat dari hubungan seksual dan kemungkinan infertilitas wanita juga berpengaruh. Ini biasanya menunjukkan masalah dengan sperma seorang pria. Tidak ada gejala motilitas sperma rendah yang Anda dapat lihat dengan mata telanjang. Dokter Anda harus menganalisis sampel air mani untuk analisis mikroskopis.

Penyebab Asthenozoospermia

Beberapa penyebab motilitas sperma rendah adalah stres, hipertermia (peningkatan suhu inti tubuh manusia yang biasanya terjadi karena infeksi), ketidakseimbangan hormon Endokrin, masalah urologis, kekurangan vitamin, kelebihan berat badan, kebiasaan merokok, konsumsi alkohol yang berlebihan, penggunaan narkoba, dan faktor genetik.

Cara mengatasi Azoospermia, Oligospermia, teratozpermia, Asthenozoospermia secara alami

Selain Cek Up ke dokter terlebih dahulu untuk mengetahui apakah benar Anda mengidap penyakit tersebut, Anda bisa mencoba mengobatinya dengan cara alami, misalnya dengan pola hidup sehat, meniggalkan makanan yang buruk dan lebih banyak makan makanan peningkat motilitas dan kwalitas sperma berikut 10 makanan yang bisa Anda gunakan untuk meningkatkan kualitas perma pria

Bahan Penambah Sperma 1. Ginseng

Selama berabad-abad, ginseng merupakan makanan yang sangat diagungkan oleh bangsa China. Hal ini tentunya karena khasiatnya yang luar biasa bagi tubuh manusia. Salah satunya adalah khasiatnya bagi kaum lelaki. Sudah sejak lama, lelaki bangsa China menggunakan ginseng untuk meningkatkan jumlah sperma mereka dan juga kualitas dari sperma mereka.

Obat Alami Motilitas sperma 2. Bawang Putih

Bawang putih yang memiliki kandungan allicin tidak hanya mampu menghilangkan plak yang terdapat pada arteri, akan tetapi juga membantu meningkatkan aliran darah ke kelamin, sehingga memberikan kekuatan dan daya tahan pada sperma anda. Selain itu, bawang putih juga mengandung selenium dan vitamin B6 yang mampu mencegah kerusakan sperma dan juga mengatur hormon anda.

Mengatasi masalah sperma 3. Coklat

Coklat selain nikmat dan menjadi makanan favorit bagi kebanyakan orang karena rasa manisnya, ternyata juga memiliki kandungan yang luar biasa baik bagi kesehatan sperma lelaki. Pasalnya, di dalam coklat ini terkandung senyawa L-Arginine HCL. Utamanya, senyawa tersebut terdapat di dark coklat. Senyawa itu adalah salah satu jenis senyawa amino yang terbukti secara klinis mampu menggandakan semen dan juga volume sperma.

Meningkatkan Mani 4. Alpukat

Makanan selanjutnya yang berkhasiat menambah sperma adalah buah alpukat. Selain bisa digunakan sebagai cara menambah berat badan, buah alpukat ni baik dikonsumsi untuk pria. Buah alpukat ini memiliki kandungan vitamin E dan vitamin B6 dan juga asam folat. Dari kandungan-kandungan tersebut, mereka dapat meningkatkan motilitas dari sperma itu sendiri dan memberikan kekuatan untuk menembus sel telur dari sang wanita.

Mengentalkan sperma 5. Buah Delima

Berikutnya, makanan yang bisa membuat jumlah sperma anda semakin banyak adalah buah delima. Di beberapa negara, buah delima ini dipercaya sangat berkhasiat bagi kesehatan seseorang. Bukan hanya kesehatan secara menyeluruh, akan tetapi kesehatan sperma. Buah delima ini dipercaya mampu meningkatkan kesuburan sperma dan fungsi alat seksual lelaki. Hal ini karena buah delima memiliki antioksidan yang baik bagi tubuh utamanya sperma dan proses produksinya.

Penambah Sperma Herbal 6. Asparagus

Asparagus ini memiliki khasiat yang sangat baik sebagai makanan penambah sperma seorang lelaki. Sayuran ini memiliki kandungan vitamin C yang mampu membantu melindungi sperma dan kerusakan oksidatif. Selain itu, ia juga mampu melindungi sel-sel testis. Selain itu juga, vitamin C ini mampu melindungi tubuh dari radikal bebas, sehingga mampu membuat tubuh pria fokus pada produksi sperma.

Buah Kualitas Sperma 7. Pisang

Selain bromelain dalam pisang  memiliki kandungan yakni vitamin B1, vitamin A, dan juga vitamin C yang sangat baik bagi tubuh jika dikonsumsi secara tepat. Vitamin-vitamin yang terkandung dalam buah pisang ini bisa membantu pria untuk makanan penambah sperma lebih banyak dan menyehatkan sperma mereka.

Sayur Kualitas Sperma 8. Biji Labu

Biji dari buah labu ternyata memiliki khasiat yang sangat baik bagi sperma lelaki. Pasalnya, di dalam biji buah labu ini terkandung pitosterol. Pitosterol adalah semacam senyawa pelindung yang dapat meningkatkan produksi testosteron dan juga mengecilkan prostat yang sudah membesar.

Biji Penambah Kualitas Sperma 9. Kacang Kenari

Kacang kenari adalah salah satu makanan yang berkhasiat baik bagi sperma lelaki. Hal ini dikarenakan kacang kenari mengandung senyawa yang bernama arganine. Senyawa ini mampu membantu testis untuk memperoduksi sperma sehingga didapatkan sperma yang banyak dan juga sperma yang sehat.

Seafood Menambah Kualitas Sperma 10. Tiram

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh sebuah institusi di Miami, Florida, menemukan fakta bahwa ternyata tiram mengandung asam amino yang sangat ampuh dan sangat baik bagi produksi testosteron pada lelaki dan progesteron pada perempuan. Apabila jumlah testosteron anda meningkat, maka secara otomatis akan meningkatkan kualitas sperma anda. Tidak hanya itu, ketika asam amino ini bereaksi dalam tubuh, kuantitas dari sperma anda juga bisa meningkat dan membuat sperma anda sehat, subur dan berkualitas.

Itulah Sedikit penjelasan Azoospermia, Oligospermia dan Teratozoospermia dan cara mengatasinya, semoga membantu. Terimakasih….

Jika sakit berlanjut hubungi dokter.