Langkah Mengatasi Kebosanan dengan Pasangan Suami-Istri12 Langkah Mengatasi Kebosanan dengan Pasangan (Suami-Istri),- Dalam hidup berumah tangga tentunya ada saja kerikil kecil yang terkadang mengganjal keharmonisan rumah tangga, salah satunya masalah yang paling umum dijumpai adalah masalah “kebosanan” yang menjangkit.

Meski aneh, faktanya banyak juga yang terjangkiti penyakit bosan dengan pasangan hidup ini, lalu bagaimana cara mengatasi Kebosanan dengan Pasangan (Suami-Istri) tersebut?

Ada 12 langkah yang perlu Anda lakukan untuk mengobati rasa bosan dengan pasangan hidup, berikut ulasannya dilansir dari ummi-online.com:

1. Cari Tahu Penyebab Kebosanan!

Cari tahu apa yang membuat kita merasa bosan dengan pasangan? Sering dicuekin? Sering ditinggal pergi? Sering ribut? Tahu penyebab= separuh solusi! Jika kita bosan dengan pasangan karena dirinya tak sehebat yang lain, mungkin kita harus berkaca diri terlebih dulu!

Boleh jadi pasangan hidup kita tak sempurna, tapi karena dialah kita bisa menjadi seperti saat ini! Sekedar bosan dengan pasangan tak apa, asal jangan terus-menerus mengeluh atau membanding-bandingkan. Ibarat bosan makan nasi, tapi terus saja makan nasi tiap hari!

Bosan dengan pasangan karena terlalu sering ribut? Maka cara mengobatinya adalah dengan meminimalisir penyebab ribut!  Sering ribut tentang uang? Coba minimalisir pembahasan tersebut! Demikian juga kalau sering ribut tentang anak/kerjaan.

Ada lagi yang merasa bosan dengan pasangan karena ia punya banyak kekurangan? Coba bantu pasangan memperbaiki kekurangannya, in syaa Allah terhitung ibadah!  Nah, yang paling susah adalah kalau sifat kita memang pembosan. Bagaimana cara menyembuhkan penyakit bosan dan jenuh dalam rumah tangga selain mengubah sifat buruk diri sendiri yg mudah bosan?! Jika demikian, kesalahan ada pada dalam diri sendiri.

2. Memuji Pasangan

Betapa bangganya seorang istri jika dipuji di depan orang lain. Baik di komunitas istri atau suami, sama saja. Tapi ingat jangan berlebihan. bisa-bisa sang istri malah malu. Kalau istri pinter masak, bilang aja, kalo belum makan masakan istri, kok belum lengkap rasanya, atau kopi boleh sama tapi siapa yang bikin itu yang bikin beda rasanya, dan masih banyak tentunya. Seorang suami harus pintar membaca bahasa tubuh seorang istri.

3. Cari Kesibukan Sendiri!

Ketika rasa jenuh memuncak, penting bagi kita menemukan kesibukan lain yang bisa mengobati rasa jenuh dalam rumah tangga.

Kompensasinya, setelah jalani kesibukan, saat bertemu pasangan, kita harus menunjukkan sikap dan ekspresi bahagia, agar rasa bosan terhadap pasangan itu benar-benar lenyap.

Bisa mulai dengan hobi, misalnya naik gunung, menulis novel, memasak, menjahit, jika kita cukup bahagia maka tidak lagi akan terpikir rasa bosan di rumah.

4. Bersyukurlah!

Selama pasangan hidup masih menunaikan kewajibannya, artinya tidak ada alasan untuk berpisah hanya karena rasa bosan dengan pasangan  Bersyukur adalah metode terbaik untuk menambah nikmat dalam rumah tangga. Lihat sisi baik yang dimiliki pasangan! Selalu mengeluh takkan menghilangkan rasa jenuh.

Jika pernah berandai-andai menikah dengan yang lain, belum tentu bisa selalu merasa tidak bosan dengan pasangan yang baru kelak. Jadi bersyukurlah dengan yang sudah ada!

5. Menjaga Penampilan.

Tidak harus berias ke salon tiap hari, yang mungkin bisa membuat suami anda kurus karena harus over budget untuk biaya salon. Hehehe… anda bisa atau cukup merawat kesehatan anda menjaga penampilan anda dengan tetap menjaga bentuk tubuh anda. Berdandan perlu, cuman jangan terlalu berlebihan. Walaupun tidak semua, tetapi banyak suami yang agak “eneg” liat istrinya dandan yang kurang pas.

6. Berikan Sesuatu Yang “Seksi” Untuk Suami.

Jangan ngeres dulu kawan, seksi tidak mesti kayak mbakyu Miyabi hehehe… tiap orang punya pandangan yang berbeda tentang seksi, oleh karena itu penting bagi seorang istri untuk mencari tahu kesukaan suami tentang seksi di mata suami.

7. Refresh kembali niat nikah sebagai sarana ibadah!

Sama seperti shalat yang wajib dilakukan baik sedang bosan atau tidak, bagaimana agar tidak merasa bosan dalam rumah tangga?  Yap, untuk membunuh rasa bosan tentu saja dengan memperbaharui niat terus-menerus! Bahwasanya memandang pasangan hidup kita membuahkan pahala, menggenggam tangannya pun demikian.

Segarkan kembali niat kita bahwa ikatan pernikahan ini adalah wadah untuk beribadah, in syaa Allah lenyaplah rasa jenuh ataupun bosan terhadap pasangan. Sahabat Ummi, hidup di dunia hanya sebentar, jangan sampai takluk pada nafsu, melakukan hal aneh dan nyeleneh dalam rumah tangga hanya karena rasa bosan.

8. Memberikan Surprise Atau Kejutan

Seorang wanita atau istri, pasti merasa sangat berarti dan dihargai saat pasangannya melakukan cara yang berbeda dengan hari-hari biasanya. Tidak perlu memberikan sesuatu yang mahal, contohnya, kalo anda senang puisi, tulislah kata-kata manis kepada istri anda. Atau kecupan selamat pagi saat bangun tidur, menjemput secara tiba-tiba, sampai kalo ada duit, makan malam romantis. Suami yang perhatian pasti sedikit banyak tahu kesenangan istrinya.

9. Menghargai Atau Memberikan Respect Pada Istri

Hal kecil mungkin menjadi sangat berarti disaat yang tepat. Mendengarkan saat dia bercerita, lalu berusaha masuk dalam topik pembicaraan. Ikut menemani pada acara-acara tertentu. Tampil rapi saat di depan teman-temannya, membukakan pintu mobil dan masih banyak lagi. Small thing become big thing.

10. Berikan Atau Masaklah Menu Favorit Suami Anda.

Tidak bisa masak? Belajarlah! Kegiatan yang keliatan ini. Apalagi sekarang banyak sekali sumber yang bisa anda peroleh untuk belajar memasak.

11. Rawat Istana Anda. Rumah Adalah Istana Anda.

Rumah yang terawat dan bersih memberikan kesan yang terang. Suami akan kerasan tinggal di rumah jika rumah terawat dan rapi.

12. Singgasana Anda Adalah Tempat Tidur Anda.

Keliatan sangat sepele, tempat tidur. Gimana kita mau tidur nyaman, jika tempat buat istirahat saja, tidak layak buat istirahat dan melakukan ritual dengan pasangan. Jagalah kebersihan dan kerapihan singgasana anda. google.com

Itulah sedikit arikel tentang “12 Langkah Mengatasi Kebosanan dengan Pasangan (Suami-Istri)” semoga membantu rumah tangga Anda kembali harmonis dan bahagia tentunya. Terimakasih…